foto-Wiyanto

Prof. Dr. Wiyanto, M.Si.

Profesor (FMIPA-Pendidikan Fisika)

Halo, nama saya Wiyanto, lahir di Wonosobo. Saya adalah Dosen PNS di Universitas Negeri Semarang. Saat ini saya Tidak sedang studi lanjut. Saya bergabung di Universitas Negeri Semarang sebagai Dosen PNS sejak 01 Maret 1988. Pendidikan terakhir yang saya tempuh adalah pada jenjang Strata 3 (S3) - ( Lulus 17 Oktober 2005 ), dan lulus pada 17 Oktober 2005.
Sebagai seorang Dosen PNS dengan jabatan Profesor, saya mengampu mata kuliah pokok Fisika Dasar 1; Fisika Dasar 2; Listrik Magnet; Metodologi Penelitian Pendidikan; Laboratorium Fisika Pendidikan. Kunjungi profil google scholar saya melalui link berikut 1wkJSk8AAAAJ Atau jika membutuhlan beberapa pertanyaan, silahkan hubungi saya melalui email [email protected]. Juga merupakan suatu kebanggan, jika kita dapat berteman melalui jejaring sosial facebook, klik Facebook Wiyanto




Berikut adalah portofolio saya selama di Universitas Negeri Semarang:

BUKU

Judul Penerbit Tahun ISBN
ElektromagnetikaGraha Ilmu2008978 979 756 318 9
Menyiapkan Guru Sains Mengembangkan Kompetensi LaboratoriumUnnes Press2008979 1006 49 0
Seri Fisika Dasar: Listrik MagnetCipta Prima Nusantara2008978-602-8054-11-9

PUBLIKASI

Judul Nama Jurnal Standar Jurnal Tahun
Karakterisasi Sifat-sifat Listrik Film Tipis ZnO dengan Metode Van der PauwProsiding Pertemuan Ilmiah XI HFI YogyakartaNasional Belum Terakreditasi1996
Penerapan Percobaan Atwood dalam Pembahasan GLB dan GLBB sebagai Strategi Alternatif Pelaksanaan KBKJurnal Pendidikan Fisika IndonesiaNasional Belum Terakreditasi2004
Penumbuhan Film Tipis Ga2O3 dengan Metode DC-Unbalanced MAgnetron SputteringJurnal Ilmu DasarNasional Terakreditasi2004
Ragram Vibrasi Ikatan C-H pada Karbon Amorf TerhidrogenasiJurnal MIPANasional Belum Terakreditasi2004
Pengukuran C-V dan I-V pada Diode n-GaN/p-5H-SiC yang Difabrikasi dengan Metode MOCVDJurnal MIPANasional Belum Terakreditasi2004
Pengembangan Kemampuan Merancang Kegiatan Laboratorium Fisika Berbasis Inkuiri bagi Mahasiswa Calon GuruJurnal Pendidikan & PengajaranNasional Terakreditasi2006
Pengembangan Keterampilan Proses Sains bagi Mahasiswa Calon Guru Melalui Praktikum Fisika Dasar pada Pokok Bahasan MekanikaJurnal Pendidikan Fisika IndonesiaNasional Belum Terakreditasi2006
Pengembangan Kompetensi Dasar Bersikap Ilmiah Melalui Kegiatan Laboratoorium Berbasis Inkuiri bagi Siswa SMA Kelas XIJurnal Pendidikan Fisika IndonesiaNasional Belum Terakreditasi2006
Keterampilan Mahasiswa Merancang Praktikum Fisika SekolahSatya WidyaNasional Terakreditasi1996
Keterampilan Mahasiswa Merancang Praktikum Fisika SekolahSatya WidyaNasional Terakreditasi1996
Potret Pembelajaran Sains di SMP dan SMAJurnal Pendidikan Fisika IndonesiaNasional Belum Terakreditasi2006
Penumbuhan Film Tipis GaN di atas Substrat 6H-SiC Tipe-pJurnal MIPANasional Belum Terakreditasi2007
Supervisi Pendidikan IPA Bercirikan Dialog Profesional Kesejawatan dalam Konteks Pelaksanaan MBSLembaran Ilmu Kependidikan (LIK)Nasional Belum Terakreditasi2007
The Reconstruction of Society Indigenous Science into Scientific Knowledge in the Production Process of Palm SugarJournal of Turkish Science Education Vol. 13 No. 4Internasional Bereputasi2016
Preliminary Analysis of Assesment Instrument Design to Reveal Science Generic Skill and Chemistry LiteracyInternational Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE) Vol. 5 No. 4Internasional Bereputasi2016
INITIAL STEP ANALYSIS OF ASSESSMENT INSTRUMENT DESIGN TO REVEAL SCIENCE GENERIC SKILL (SGS) AND CHEMISTRY LITERACY International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE) Vol. 5 No. 4Internasional2016
POTENSI KECAMATAN GUNUNGPATI SEMARANG SEBAGAI SENTRA PERTANIAN ORGANIK MELALUI KEGIATAN IPTEKS BAGI MASYARAKAT KELOMPOK WANITA TANIJurnal Abdimas Vol. 20 No. 2Nasional Belum Terakreditasi2016
Preparation Model of Student Teacher Candidate in Developing Integrative Science LearningJournal of Education and Human Development (JEHD) Vol. 5 No. 2Internasional2016
THE ANALYSIS OF COSTA AND KALLICK'S HABITS OF MIND ON THE STUDENTS OF PROSPECTIVE BIOLOGY TEACHERSUnnes Science Education Journal Vol. 6 No. 2Nasional Terindeks DOAJ2017
Effectiveness of Dry Cell Microscopic Simulation (DCMS) to Promote Conceptual Understanding about BatteryJournal of Physics: Conference Series Vol. 877 No. 110 AugustInternasional Bereputasi2017
PENGEMBANGAN ASESMEN UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH, BEKERJASAMA DAN BERKOMUNIKASI CALON GURU FISIKAJournal of Innovative Science Education Vol. 4 No. 2Nasional Belum Terakreditasi2015
The Development of Integrated Science Learning Instrument Based on Project-Based Learning to Measure Critical Thinking SkillsAdvances in Social Science, Education and Humanities Research Vol. 247 No. 1Internasional Bereputasi dan Berfaktor Dampak2018
Study on Latent Misunderstanding on Electrical Current Concept and Its Impact (Sebagai penulis kedua) Journal of Physics: Conference Series Vol. 824 No. 1Internasional Bereputasi dan Berfaktor Dampak2017
Effectiveness of Dry Cell Microscopic Simulation (DCMS) to Promote Conceptual Understanding about Battery (Sebagai penulis ketujuh) Journal of Physics: Conference Series Vol. 877 No. 1Internasional Bereputasi dan Berfaktor Dampak2017
Penerapan Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP di Kabupaten Tegal Unnes Physics Education Journal Vol. 6 No. 3Nasional Belum Terakreditasi2017
Profile of Technological Pedagogical Content Knowledge (TPCK) of Prospective Teachers in Atomic Structure MaterialJournal of Innovative Science Education Vol. 8 No. 1Nasional Berbahasa PBB dan Terindeks DOAJ2019
The Development of Three Tier Multiple Choice Test to Explore Junior High School Students’ Scientific Literacy MisconceptionsJournal of Innovative Science Education Vol. 8 No. 1Nasional Berbahasa PBB dan Terindeks DOAJ2019
The Analysis of Students' Conceptual Understanding and Motivation in Guided Inquiry Science Leaming Model Assisted by Android Virtual Laboratory Journal of Innovative Science Education Vol. 8 No. 2Nasional Berbahasa PBB dan Terindeks DOAJ2019
Improvement of Creative Thinking Ability of Students with LKPD Based on Curious Note Program Learning ModelJournal of Innovative Science Education Vol. 8 No. 1Nasional Berbahasa PBB dan Terindeks DOAJ2019
Critical Thinking Skills and Learning Outcomes by Improving Motivation in the Model of Flipped Classroom Journal of Primary Education Vol. 9 No. 3Nasional Berbahasa PBB dan Terindeks DOAJ2019
Analysis of 21st Century Skills of Student on Implementation Project Based Learning and Problem Posing Models in Science LearningJournal of Primary Education Vol. 9 No. 1Nasional Berbahasa PBB dan Terindeks DOAJ2019
The Development of Three Tier Multiple Choice Test to Explore Junior High School Students' Scientific Literacy Misconceptions Journal of Innovative Science Education Vol. 8 No. 2Nasional Berbahasa PBB dan Terindeks DOAJ2019
The Influence of Props-Assisted Inquiry Learning to Improve Generic Science Skills of SMA N 11 Semarang StudentsJournal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems Vol. 11 No. 8Internasional Bereputasi dan Berfaktor Dampak2019
Pengembangan Perkuliahan Fisika Berorientasi Keterampilan Merancang Kegiatan LaboratoriumJurnal Penelitian Pembelajaran Fisika Vol. 10 No. 2Nasional Belum Terakreditasi2019
Mathematics Literacy based on Visual-Spatial Intelligence 7th Grade Students on Discovery Learning with Performance Assessment Unnes Joumal of Mathematics Education Research Vol. 8 No. 1Nasional Berbahasa PBB dan Terindeks DOAJ2019
Applying Formative Assessment through Understanding by Design (UbD) in the Lecture of Plant Physiology to Improve the Prospective Teacher Education Students’ UnderstandingJournal of Turkish Science Education Vol. 16 No. 3Internasional Bereputasi dan Berfaktor Dampak2019

KINERJA

Kegiatan Detail Kegiatan Tahun Pendukung