foto-Sudarmin

Prof. Dr. Sudarmin, M.Si.

Profesor (Koordinator Program Studi S2) (FMIPA-Pendidikan Kimia)

Prof. Dr. Sudarmin, M.Si lahir di Boyolali 23 Januari 1966 dengan riwayat pendidikan sebagai berikut SD di Tanjungsari I Banyudono Boyolali, SMP Negeri I Banyudono, SMA Negeri I Boyolai, S-1 Pendidikan Kimia IKIP Semarang, S-2 Ilmu Kimia UGM Yogyakarta, S-3 Pendidikan IPA UPI Bandung. Pada saat ini, Sudarmin sebagai dosen tetap di jurusan Kimia, dengan bidang keahlian Profesor bidang pendidikan kimia, yang terkait Etnosains, model pembelajaran inovatif, dan pengembangan keterampilan berpikir generik sains, serta keterampilan berpikir tingkat tinggi.



Berikut adalah portofolio saya selama di Universitas Negeri Semarang:

BUKU

Judul Penerbit Tahun ISBN
Diktat Handout Kimia Organik Bahan Alam, khusus untuk mahasiswa kimia unnes2007
Diktat Handout Praktikum Kimia Organik I dan II (ditulis bersama tem KBK Bioorganaik)-2007-
Bahan Ajar Kimia Organik I (Ditulis bersama tem dosen kimia organik)-2008
Keterampilan Generik Sains dan Penerapannya Dalam Pembelajaran Kimia OrganikUnnes Press2012ISBN 978 602 8467 995
Pendidikan Karakter, Etnosains dan Kearifan Lokal ( Konsep dan Penerapannya dalam Penelitian dan Pembelajaran Sains)CV. Swadaya Manunggal2014
Model Pembelajaran Inovatif Kreatif [Model PAIKEM dalam Konteks Pembelajaran dan Penelitian Sains Bermuatan Karakter]Swadaya Manunggal20159786021034156

PUBLIKASI

Judul Nama Jurnal Standar Jurnal Tahun
Pembekalan Kemampuan Generik Inferensi Logika Bagi Mahasiswa Calon Guru Kimia Melalui Perkuliahan Kimia OrganikWidya Tama (LPMP)Nasional Belum Terakreditasi2007
Remediasi Miskonsepsi Orbital Atom, Orbital Molekul dan Hibridisasi Melalui Pembelajaran Interaktif Dengan Animasi Simulasi Berbantuan Komputer.Indonesian Journal of ChemistryNasional Terakreditasi2007
Sintesis Kariofilanol Melalui Reaksi Oksimerkurasi demerkurasi (OM-DM) Kariofilena dalam Pelarut THF-AirJurnal MIPANasional Belum Terakreditasi2005
Kajian Mekanisme dan Produk reaksi Oksidasi Kariolanol Dengan Oksidator Piridinium Klorokromat (PCC)SainteknolNasional Belum Terakreditasi2006
Pemberdayaan Wanita Pedesaan Melalui Penerapan Teknologi Diversifikasi Produk Olahan Kelapa (Minyak, Selai, Kecap, dan irup)RekayasNasional Belum Terakreditasi2006
Pembuatan Briket Bioarang dari Sampah Organik di TPA (Suatu Alternatif Pemanfaatan Sampah Organik di TPA )RekayasaNasional Belum Terakreditasi2007
Elusidasi struktur senyawa yang diduga sebagai antikanker dari tumbuhan Ngokilo (Nynura Procumbens (Lour) Merr).Media MIPA edisi No.1 Tahun 2000-ISSN : 0215-9945, haNasional Belum Terakreditasi2000
Keterampilan Biokonversi sampah organik menjadi kompos untuk budidaya tanaman obat dengan starbio plant sebagai aktivator.AbdimasNasional Belum Terakreditasi2000
Isolasi dan Identifikasi Flavonoid dari Ekstrak Daun Wedusan Dengan Pelarut OrganikMedia Pendidikan IPANasional Belum Terakreditasi1996
Pembuatan Vanilin dari Eugenol Produksi Minyak Cengkeh (Eugenia Carryophyllata)Media Pendidikan IPANasional Belum Terakreditasi1995
Reaksi Konversi Sitronelal dari Minyak Sereh Menjadi Menthol.Media Pendidikan IPANasional Belum Terakreditasi1996
Sintesis Senyawa Turunan Alkohol Melalui Reaksi Hidrolisis Kariofilena Katalis Asam.Jurnal MIPANasional Belum Terakreditasi2004
Elusidasi Struktur Senyawa yang Diduga Sebagai Antikajker dari Tumbuhan Ngokilo (Gynura Procumbens (Lour) Merr)Media MIPANasional Belum Terakreditasi2000
Keterampilan Biokonversi Sampah Organik Menjadi Kompos untuk Budidaya Tanaman Obat dengan Starbio Plant sebagai AktivatorABDIMASNasional Belum Terakreditasi2001
Keterampilan Generik: Konsep Dasar dan Cara Meumbuhkannya melalui Perkuliahan Kimia OrganikJurnal Inovasi Pendidikan KimiaNasional Belum Terakreditasi2007
Sintesis Senyawa Klovanadil Asetat Dari Klovanadiol Sebagai Hasil Oksidasi Kariofilena Dengan Kalium Permanganat (KMn4).urnal MIPANasional Belum Terakreditasi2007
Pembelajaran Kimia Terintegrasi Kemampuan Generik Sains untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Calon Guru.Jurnal Pendidikan Matematika dan SainsNasional Belum Terakreditasi2009
Penulis Pertama pada Artikel dengan Judul Pembuatan Media Study Card dan Lembar Kerja Siswa Yang Mengintegrasikan Soft Skills Konservasi Konservasi Bagi Guru IPA Melalui Kegiatan Lesson Study Jurnal Scientia Indonesia (JSI) Vol. 1 No. 1Nasional Belum Terakreditasi2016
The Reconstruction of Society Indigenous Science into Scientific Knowledge in the Production Process of Palm SugarJournal of Turkish Science Education Vol. 13 No. 4Internasional Bereputasi2016
Penulis kedua dari artikel : Chemical Literacy of Teaching Candidates Studying The Integrated Food Chemistry Ethnosciences CourseJournal of Turkish Science Education Vol. 14 No. 3Internasional Bereputasi2017
Penulis Ketiga : Local W?sdom-Based Sc?ence Learn?ng Model through Reconstruct?on of Ind?genous Sc?ence to Improve Student’s Conservat?on?st CharacterJournal of Turkish Science Education Vol. 14 No. 3Internasional Bereputasi2017
Development of Ethnoscience Approach in The Module Theme Substance Additives to Improve the Cognitive Learning Outcome and Student’s entrepreneurshipJournal of Physics Vol. 824 No. 1Internasional Bereputasi dan Berfaktor Dampak2017
Preliminary Analysis of Assesment Instrument Design to Reveal Science Generic Skill and Chemistry LiteracyInternational Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE) Vol. 5 No. 4Internasional Bereputasi2016
INITIAL STEP ANALYSIS OF ASSESSMENT INSTRUMENT DESIGN TO REVEAL SCIENCE GENERIC SKILL (SGS) AND CHEMISTRY LITERACY International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE) Vol. 5 No. 4Internasional2016
Project Based Learning Strategy to Improve Psychomotor Skills : A Classroom Action Research Jurnal Pendidikan IPA Indonesia Vol. 5 No. 2Nasional Terakreditasi2016
MEDIA ELECTRONIC PORTOFOLIO UNTUK MENINGKATKAN TREND PRESTASI BELAJAR MAHASISWA Unnes Science Education Journal Vol. 5 No. 1Nasional Terindeks DOAJ2016
Penulis Ketiga artikel : Pengembangan Instrumen Performance Asssessment Praktikum Kimia Dengan Estimasi Reliabilitasnya Menggunakan Program GENOVA Oleh Siti Nur Suwaibah, Endang Susilaningsih, SUDARMINChemistry in Education Vol. 5(1) 2-16 No. 5Nasional Terindeks DOAJ2016
Aplication of Project Based Learning (PjBL) Model for of Salt Hydrolysis to Encourage' Entrepreneurship Behaviour International Journal of Active Learning Vol. 2 No. 1Nasional Berbahasa PBB dan Terindeks DOAJ2017
PENGEMBANGAN INSTRUMEN PERFORMANCE ASSESSMENT PRAKTIKUM KIMIA DENGAN ESTIMASI RELIABILITASNYA MENGGUNAKAN PROGRAM GENOVA Chemistry in Education Vol. 5 No. 1Nasional Terindeks DOAJ2016
The Development of Local Wisdom-Based Natural Science Module to Improve Science Literation of Student sebagai penulis keempat; nama penulis B. Setiawan, D.K. Innatesari, W.B Sabtiawan, SudarminJurnal Pendidikan IPA Indonesia Vol. 6 No. 1Internasional Bereputasi dan Berfaktor Dampak2017
PENERAPAN PENDEKATAN JAS (JELAJAH ALAM SEKITAR) PADA MATA KULIAH KONSERVASI DAN KEARIFAN LOKAL UNTUK MENANAMKAN SOFTSKILL KONSERVASI PADA MAHASISWA IPA UNNES Unnes Science Education Journal Vol. 5 No. 1Nasional Terindeks DOAJ2015
HABITUATION MODEL OF IMPLEMENTING ENVIRONMENTAL EDUCATION IN ELEMENTARY SCHOOL Jurnal Pendidikan IPA Indonesia Vol. 6 No. 2Internasional Bereputasi2017
Penulis kedua : HABITUATION MODEL OF IMPLEMENTING ENVIRONMENTAL EDUCATION IN ELEMENTARY SCHOOLJurnal Pendidikan IPA Indonesia Vol. 6 No. 2Internasional Bereputasi2017
PROJECT BASED LEARNING (PBL) TO IMPROVE PSYCHOMOTORIC SKILLS: A CLASSROOM ACTION RESEARCHJurnal Pendidikan IPA Indonesia Vol. 5 No. 2Nasional Berbahasa PBB dan Terindeks DOAJ2016
THE ANALYSIS OF COSTA AND KALLICK'S HABITS OF MIND ON THE STUDENTS OF PROSPECTIVE BIOLOGY TEACHERSUnnes Science Education Journal Vol. 6 No. 2Nasional Terindeks DOAJ2017
Penulis ketiga dari artikel: Pegembangan Lembar Kerja Siswa Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Berbasis Inkuiri untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains Siswa Journal of Innovative Science Education Vol. 6 No. AgustusNasional Terindeks DOAJ2017
EFEKTIVITAS MODEL THINK PAIR SQUARE ( TPS) BERBASIS GUIDED INQUIRY PADA TEMA SISTEM TRANSPORTASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN SIKAP ILMIA H SISWAUnnes Science Education Journal Vol. 4 No. 3Nasional Terindeks DOAJ2017
PENGEMBANGAN LKS IPA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA TEMA PENCEMARAN LINGKUNGAN GUNA MENUMBUHKAN KEMANDIRIAN SISWAUnnes Science Education Journal Vol. 4 No. 3Nasional Terindeks DOAJ2017
PENGARUH MODEL PROBLEMBASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA HIDROLISIS DAN KETERAMPILAN GENERIK SAINSChemistri in Education Vol. 6 No. 1Nasional Terindeks DOAJ2017
Penulis Kedua artikel: Pengaruh Pembelajaran Guided Inquiry Berbantuan Diagram Vee Terhadapa Keterampilan Generik Sains SiswaJurnal Inovasi Pendidikan Kimia (JIPK) Vol. 10, No. 1 No. 1Nasional Terindeks DOAJ2016
Penulis Ketiga dari artikel : Pengembangan LKS Fisika Bermuatan Generik Sains Untuk Meningkatkan Higher Order Thinking (HOTS) Siswa oleh Desiagi Dwi Kristianingsih, Nanik Wijayati, SudarminJournal of Innovative Science Education (JISE) Vol. 5(1) (2016 No. 5Nasional Terindeks DOAJ2016
Penulis Ketiga dari Artikel : Pengembangan ModulIPA Terpadu Etnosains Untuk Menumbuhkan Minat Kewirausahaan Oleh Ria Febu Khoerunnisa, N. Murbangun, SUDARMINJournal of Innovative Science Education (JISE) Vol. jise 5(1)( No. 1Nasional Terindeks DOAJ2016
Penulis Kedua Artikel: Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Berbantuan Playing Card Terhadap Hasil Belajar Siswa oleh Salipah, SUDARMIN, Sri HaryaniChemistry in Education Vol. CISE 5(1)( No. 5Nasional Terindeks DOAJ2016
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS Journal of Innovative Science Education Vol. 5 No. 2Nasional Terindeks DOAJ2016
Model pembelajaran kimia berbasis etnosains untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswaJurnal Pengajaran MIPA Vol. 21 No. 1Nasional Terindeks DOAJ2016
Penulis 2 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITISJournal of Innovative Science Education Vol. 5 No. 2Nasional Terindeks DOAJ2016
EFEKTIVITAS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA TEMA BUNYI DAN PENDENGARAN BERBANTUAN ALAT P ERAGA TIGA DIMENSI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMPUnnes Science Education Journal Vol. 4 No. 3Nasional Terindeks DOAJ2015
IMPLEMENTATION OF ENVIRONMENTAL EDUCATION IN ELEMENTARY SCHOOLJurnal Pendidikan IPA Indonesia Vol. 6 No. 2Internasional Bereputasi dan Berfaktor Dampak2017
The Influence of Ethnoscience-Based Learning Video to Improve Students’ Understanding of Green Chemistry in Integrated Science SubjectJournal of Innovative Science Education Vol. 7 No. 1Nasional Berbahasa PBB dan Terindeks DOAJ2018
THE DEVELOPMENT OF PBL-BASED WORKSHEETS INTEGRATED WITH GREEN CHEMISTRY AND ETHNOSCIENCE TO IMPROVE STUDENTS’ THINKING SKILLSJurnal Pendidikan IPA Indonesia Vol. 8 No. 4Internasional Bereputasi dan Berfaktor Dampak2019
EFFCTIVENESS OF SOCIO-SCIENCES ISSUES IN CHEMISTRY CLASS TO IMPROVE SCIENTIFIC LITERACY IN HIGH SCHOOL: REDOX REACTION AND ENVIRONMENTAL ISSUESMan in India Vol. 97 No. 17Internasional2017
Co Author dari Artikel ANALISIS BERPIKIR KREATIF PADA PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING BERPENDEKATAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICSJurnal Inovasi Pendidikan Kimia (JIPK) Vol. 13 No. 1Nasional Terindeks DOAJ2019
Evaluation and Reconstruction of Environmental Physics Courses. International Journal of Environmental and Science Education Vol. 13 No. 10Internasional Bereputasi2018
Applying Formative Assessment through Understanding by Design (UbD) in the Lecture of Plant Physiology to Improve the Prospective Teacher Education Students’ UnderstandingJournal of Turkish Science Education Vol. 16 No. 3Internasional Bereputasi dan Berfaktor Dampak2019

KINERJA

Kegiatan Detail Kegiatan Tahun Pendukung