foto-Parmin

Prof. Dr. Parmin, M.Pd.

Profesor (FMIPA-Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam)

Halo, nama saya Parmin, lahir di Cilacap. Saya adalah Dosen PNS di Universitas Negeri Semarang. Saat ini saya Tidak sedang studi lanjut. Saya bergabung di Universitas Negeri Semarang sebagai Dosen PNS sejak 01 April 2006. Pendidikan terakhir yang saya tempuh adalah pada jenjang Strata 3 (S3) - ( Lulus 16 Agustus 2017 ), dan lulus pada 16 Agustus 2017.
Sebagai seorang Dosen PNS dengan jabatan Profesor, saya mengampu mata kuliah pokok Strategi Belajar Mengajar IPA; Pembelajaran IPA Terpadu. Kunjungi profil google scholar saya melalui link berikut use00IIAAAAJ Atau jika membutuhlan beberapa pertanyaan, silahkan hubungi saya melalui email [email protected]. Juga merupakan suatu kebanggan, jika kita dapat berteman melalui jejaring sosial facebook, klik Facebook Parmin




Berikut adalah portofolio saya selama di Universitas Negeri Semarang:

BUKU

Judul Penerbit Tahun ISBN
Strategi Belajar Mengajar IPACV. Swadaya2013978-602-18553-3-1
IPA TerpaduCV Swadaya2013978-602-18553-6-2

PUBLIKASI

Judul Nama Jurnal Standar Jurnal Tahun
Strategi Melaksanakan Lesson Study dalam PembelajaranLembaran Ilmu KependidikanNasional Belum Terakreditasi2008
Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPA dengan Lesson Study di Madrasah IbtidaiyahJurnal Penelitian PendidikanNasional Belum Terakreditasi2009
Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Materi Pertumbuhan dan Perkembangan melalui Strategi TandurProceedingNasional Belum Terakreditasi2010
Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Materi Pertumbuhan dan Perkembangan melalui Strategi TandurProceedingNasional Belum Terakreditasi2010
Penulis Pertama pada Artikel dengan Judul Pembuatan Media Study Card dan Lembar Kerja Siswa Yang Mengintegrasikan Soft Skills Konservasi Konservasi Bagi Guru IPA Melalui Kegiatan Lesson Study Jurnal Scientia Indonesia (JSI) Vol. 1 No. 1Nasional Belum Terakreditasi2016
DESIGN OF SCIENCE MOBILE LEARNING OF ECLIPSE PHENOMENA WITH CONSERVATION INSIGHT ANDROID-BASED APP INVENTOR 2Jurnal Pendidikan IPA Indonesia Vol. 5 No. 2Nasional Terakreditasi2016
Preparing Prospective Teachers in Integrating Science and Local Wisdom through Practicing Open InquiryJournal of Turkish Science Education Vol. 13 No. 2Internasional Bereputasi dan Berfaktor Dampak2016
Performance Assessment of Practicum Works: Measuring the Science Student Teachers Logical Thinking AbilitiesMan In India Vol. 97 No. 13Internasional Bereputasi dan Berfaktor Dampak2017
THE DEVELOPMENT OF SCIENCE MOBILE LEARNING WITH CONSERVATION VISION BASED ON ANDROID APP INVENTOR 2Unnes Science Education Journal Vol. 6 No. 1Nasional Berbahasa PBB dan Terindeks DOAJ2017
THE EFFECTIVENESS OF HEAT TRANSFER PRACTICUM WITH CARD SORT MEDIA TO STUDENTS’ CRITICAL THINKING ABILITYUnnes Science Education Journal Vol. 6 No. 2Nasional Berbahasa PBB dan Terindeks DOAJ2017
PERANGKAT PEMBELAJARAN BIOENERGI MENERAPKAN MODEL SCIENCE INTEGRATED UNTUK MELATIH KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM MENGEKSPLORASI SUMBER BELAJARUnnes Science Education Journal Vol. 5 No. 1Nasional Terindeks DOAJ2016
Science Integrated Learning Model to Enhance The Scientific Work Independence of Student Teacher in Indigenous Knowledge TransformationJurnal Pendidikan IPA Indonesia Vol. 6 No. 2Internasional Bereputasi2017
PENERAPAN MODEL GUIDED INQUIRY TERHADAP SIKAP ILMIAH DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA TEMA EKOSISTEMUnnes Science Education Journal Vol. 4 No. 3Nasional Terindeks DOAJ2017
PENGARUH MEDIA KARTU PINTAR TUMBUHAN BERBASIS SCIENCE EDUTAINMENT TERHADAP MINAT BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA TEMA GERAK TUMBUHANUnnes Science Education Journal Vol. 5 No. 2Nasional Terindeks DOAJ2017
THE INFLUENCE OF SCHOOL ENVIRONMENT AS THE SOURCE OF LEARNING PROCESS UNDER THE THEME OF ECOSYSTEMS WITH PROBLEM BASED LEARNING MODEL TOWARDS SCIENTIFIC BEHAVIOR OF THE STUDENTSUnnes Science Education Journal Vol. 6 No. 1Nasional Berbahasa PBB dan Terindeks DOAJ2017
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA TERPADU BERBASIS SALINGTEMAS PADA TEMA ENERGIUnnes Science Education Journal Vol. 2 No. 2Nasional Terindeks DOAJ2017
PENGEMBANGAN LKS IPA TERPADU BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MELALUI LESSON STUDY TEMA EKOSISTEM DAN PELESTARIAN LINGKUNGANUnnes Science Education Journal Vol. 3 No. 2Nasional Terindeks DOAJ2017
PENGEMBANGAN ALAT PERAGA IPA TERPADU SUNDIAL FOTOTROPISME PADA TEMA GERAK UNTUK SISWA MADRASAH TSANAWIYAH (MTs)Unnes Science Education Journal Vol. 4 No. 2Nasional Terindeks DOAJ2017
P E N G ARUH P E N D E KA T AN C ON T E XT U AL T E A C H I NG AND L E AR NI NG (C T L) B ER B A SI S EK S P ER I M E N T E R H A D AP H A SI L B E LAJAR K OG N I T I F D AN S I KAP I L M I AHUnnes Science Education Journal Vol. 5 No. 3Nasional Terindeks DOAJ2016
EFEKTIVITAS PENDEKATAN SAINTIFIK MODEL PROJECT BASED LEARNING TEMA EKOSISTEM UNTUK MENUMBUHKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMPUnnes Science Education Journal Vol. 5 No. 2Nasional Terindeks DOAJ2016
RETOOLING SCIENCE TEACHING ON STABILITY TOPIC FOR STEM EDUCATION: MALAYSIAN CASE STUDYJournal of Engineering Science and Technology Vol. 13 No. 10Internasional Bereputasi dan Berfaktor Dampak2018
Graduate performance of science education department in implementing conservation-based science teachingJournal of Physics Vol. 1006 No. 1Internasional Bereputasi dan Berfaktor Dampak2018
PRE-SERVICE SCIENCE TEACHERS’ ABILITY IN RECONSTRUCTING LOCAL COMMUNITY’S INDIGENOUS KNOWLEDGEJurnal Pengajaran MIPA Vol. 22 No. 2Nasional Terakreditasi2018
THE EFFECTIVENESS OF SCIENCE COMIC ON THE MATERIALS OF SOUND AND HEARING BASED ON PROBLEM BASED LEARNING TOWARD JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS’ LEARNING MOTIVATION AND OUTCOMEUnnes Science Education Journal Vol. 7 No. 1Nasional Berbahasa PBB dan Terindeks DOAJ2018
Exploring the Indigenous Knowledge of Java North Coast Community (Pantura) Using the Science Integrated Learning (SIL) Model for Science Content DevelopmentJournal for the Education of Gifted Young Scientists (JEGYS) Vol. 7 No. 1Internasional Bereputasi dan Berfaktor Dampak2019
The Application of STEM Education in Science Learning at Schools in Industrial AreasJournal of Turkish Science Education Vol. 16 No. 2Internasional Bereputasi dan Berfaktor Dampak2019
Pengaruh pembelajaran process oriented-guided inquiry learning berkonteks isu-isu sosiosaintifik dalam pembelajaran asam basa terhadap keterampilan berargumentasi siswa SMA kelas XIJurnal Inovasi Pendidikan IPA Vol. 5 No. 2Nasional Terakreditasi2019
The Character Building of Prospective Science Teachers Through A Conservation CoachingJournal of Physics Vol. 1155 No. 1Internasional Bereputasi dan Berfaktor Dampak2019
Prospective Teachers’ Scientific Literacy through Ethnoscience Learning Integrated with the Indigenous Knowledge of People in the Frontier, Outermost, and Least Developed RegionsJurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA Vol. 5 No. 2Internasional Bereputasi dan Berfaktor Dampak2019

KINERJA

Kegiatan Detail Kegiatan Tahun Pendukung