foto-Muhammad Zuhair Zahid

Muhammad Zuhair Zahid, S.Pd.Si., M.Pd.

Asisten Ahli (FMIPA-Pendidikan Matematika)

Muhammad Zuhair Zahid, menyelesaikan pendidikan S1 dan S2 berturut-turut di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan Universitas Sebelas Maret. Saat ini ia bertugas di Jurusan Matematika Universitas Negeri Semarang sebagai dosen. Mata kuliah yang pernah diajar antara lain Kalkulus, Pengantar Dasar Matematika, Pemrograman Komputer, dan Database. Minat riset yang dimiliki adalah tentang aspek computational thinking dalam pembelajaran matematika dan hubungan teknologi dengan pembelajaran matematika. Ia terafiliasi dengan grup riset Center for Research in Mathematics, Technology, and Education (CeRMaTE- mathe.id), grup riset yang fokus pada isu teknologi dan pendidikan matematika. Mulai tahun 2021, dosen yang akrab disapa Zuhair ini menempuh studi di Institutionen för naturvetenskapernas och matematikens didaktik, Umeå University Swedia. Korespondensi dapat dilakukan melalui email [email protected]



Berikut adalah portofolio saya selama di Universitas Negeri Semarang:

BUKU

Judul Penerbit Tahun ISBN

PUBLIKASI

Judul Nama Jurnal Standar Jurnal Tahun
Pembentukan Konsep Faktorisasi Aljabar Siswa Berkemampuan TinggiKreano (Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif) Vol. 8 No. 1Nasional Terindeks DOAJ2017
Development of computer-assisted instruction application for statistical data analysis android platform as learning resourceJournal of Physics Vol. 983 No. 1Internasional Bereputasi2018
File Sharing System Using Samba For Mathematics LaboratoryTransformatika : Journal Information Technology Vol. 15 No. 2Nasional Berbahasa PBB dan Terindeks DOAJ2018
Misconception as a critical and creative thinking inhibitor for mathematics education studentsUnnes Journal of Mathematics Education Vol. 7 No. 1Nasional Berbahasa PBB dan Terindeks DOAJ2018
Aplikasi Berbasis Android untuk Pembelajaran: Potensi dan Metode PengembanganPRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika Vol. 1 No. 1Nasional Belum Terakreditasi2018
Visualisasi Konsep Matematika dalam Pembelajaran Menggunakan GeogebraPRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika Vol. 1 No. 1Nasional Belum Terakreditasi2018
Android-Based Computer Assisted Instruction Development as a Learning Resource for Supporting Self-Regulated LearningInternational Journal of Instruction Vol. 12 No. 3Internasional Bereputasi dan Berfaktor Dampak2019
Web-Based Resources dan Blended Learning EnvironmentPRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika Vol. 2 No. 1Nasional Belum Terakreditasi2019
EKSPLORASI KONSTRUKSI PENGETAHUAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SURAKARTA MENGGUNAKAN TEORI ACTION, PROCESS, OBJECT, SCHEME (APOS) PADA MATERI POKOK FAKTORISASI BENTUK ALJABARJurnal Elektronik Pembelajaran Matematika Vol. 2 No. 7Nasional Belum Terakreditasi2014

KINERJA

Kegiatan Detail Kegiatan Tahun Pendukung