foto-Mohammad Asikin

Dr. Mohammad Asikin, M. Pd.

Lektor Kepala (FMIPA-Pendidikan Matematika)

Mohammad Asikin, lahir di Pekalongan pada tanggal 5 Juli 1957. Perjalanan pendidikan dimulai dari belajar di SD Muhammadiyah 3 Pekajangan Pekalongan, (lulus 1969), SMP Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan (lulus 1972), SMA Negeri Pekalongan jurusan Paspal (lulus 1975), PGSLP Yang Disempurnakan IKIP Semarang jurusan Matematika (lulus 1977). Pendidikan Sarjana dari Pendidikan Matematika IKIP Semarang (lulus 1984). Pernah mengikuti penataran peningkatan penguasaan materi MIPA LPTK ( Program c) di ITB Bandung ( Agustus sd Desember 1992). Pendidikan Pascasarjana program S2 Pendidikan Matematika dari IKIP Surabaya (lulus 1998). Program S3 Manajemen Pendidikan dari UNNES (lulus 2017). Saat ini penulis sebagai dosen Jurusan Matematika program studi Pendidikan Matematika FMIPA UNNES. Karir jabatan yang pernah diemban adalah sekretaris jurusan Pendidikan Matematika (tahun 1998-1999), kemudian sebagai Pembantu Dekan Bidang Kemahasiswaan FMIPA selama 2 periode (periode tahun 2004-2007 dan 2008-2011). Pernah pula sebagai anggota senat Universitas (periode 2007-2010) dan pernah pula ebagai sekretaris komisi 3 senat universitas.



Berikut adalah portofolio saya selama di Universitas Negeri Semarang:

BUKU

Judul Penerbit Tahun ISBN
CARA CEPAT MENGUASAI PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAGI GURUMANUNGGAL KARSO20099789791408486

PUBLIKASI

Judul Nama Jurnal Standar Jurnal Tahun
Mencermati berbagai permasalahan dalam Program Linier kabur.Jurnal Matematika dan Komputer/Matematika UNDIPNasional Belum Terakreditasi2003
Kesetaraan Metode Prinsip Perluasan dan Metode Potongan Alpha Dalam Bilangan KaburJurnal MIPA/FMIPA UNNESNasional Belum Terakreditasi2002
Relasi Kabur.Media MIPA/FMIPA UNNESNasional Belum Terakreditasi2000
Pembelajaran Matematika Secara TerpaduMedia Edukasi/FIP UNNESNasional Belum Terakreditasi1995
Kemampuan Menerapkan Strategi Pembuktian MatematikaLembaran Ilmu PengetahuanNasional Belum Terakreditasi1997
Menumbuhkan kemampuan komunikasi matematika melalui pembelajaran Matematika Realistik “Jurnal Matematika atau pembelajarannyaNasional Terakreditasi2002
Kinerja mahasiswa dalam menyelesaikan soal pembuktian Teori Ringjurnal ilmiah terakreditasi N0. 118/DIKTI/Kep./2001 JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN SAINS ,JPMSNasional Terakreditasi2002
Menumbuhkembangkan social skill melalui upaya membangun Mathematical Discourse Communities pada pembelajaran matematika realisticBULETIN PENDIDIKAN MATEMATIKA/Matematika UNPATINasional Belum Terakreditasi2003
Statistika Kontekstual-Islami : Menuju ke arah baru pembelajaran statistika yang islami “Forum Teori dan Aplikasi Statistika/Statistika FMIPA UNISBA BandungNasional Belum Terakreditasi2003
Mencermati berbagai jenis permasalahan dalam program Linier KaburJurnal Matematika dan Komputer/Matematika UNDIPNasional Belum Terakreditasi2003
Pendidikan matematika pada era otonomi daerah: Profil kurikulum,Paradigma pembelajaran dan pengadaan buku ajarMATEMATIKA DAN KOMPUTER,Nasional Belum Terakreditasi2003
Menuju Pembelajaran Matematika yang Humanistik: Upaya merespon Kompetensi Lintas Kurikulum (KLK) dalam KBKJurnal Teori dan Terapan MatematikaNasional Belum Terakreditasi2004
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA CPS BERBANTUAN CD INTERAKTIF THD KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA SISWA SMA KELAS XLEMBAR ILMU KEPENDIDIKANNasional Belum Terakreditasi2008
Developing Good Mathematics Teaching Practice Through INNOMATTS : An Indonesian PerspectiveBolema - Mathematics Education Bulletin Vol. - No. -Internasional Bereputasi dan Berfaktor Dampak0000
Comparison of Creative Thinking Ability to Use Student Learning Mathematic Mathematical Humanistic and PBL in The Training MOdel Setting INNOMATTSJurnal Nalar Indonesia Vol. 3 No. 1Nasional Belum Terakreditasi2015
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Telaah Kurikulum Matematika 1 Mengintegrasikan Kreativitas dan Karakter Cerdas melalui Pembelajaran Kooperatif Berbasis Asesmen ProyekKreano Jurnal Matematika Kreatif Inovatif Vol. 8 No. 1Nasional Terindeks DOAJ2017
MODEL INNOMATTS UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN GURU MATEMATIKA SMP DALAM MENERAPKAN PENDEKATAN SAINTIFIK DAN PENILAIAN AUTENTIK Jurnal Rekayasa Vol. 13 No. 2Nasional Belum Terakreditasi2015
Penerapan Realistic Mathematics Education (RME) dengan Konteks Karakter dan Konservasi untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa dalam Menyusun Proposal PenelitianKreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol. 6 No. Vol 6, NoNasional Terindeks DOAJ2015
Analysis of Subject Material and Material Presentation of 7th Grade BooksUnnes Journal of Mathematics Education Vol. 6 No. 1Nasional Terindeks DOAJ2017
Analisis Materi dan Penyajian Buku Matematika Kelas VII Ditinjau dari Tujuan Pembelajaran Matematika Unnes Journal of Mathematics Education Vol. 6 No. 1Nasional Terindeks DOAJ2017
Mathematical Critical Thinking Levels Based on Temperament SorterTeaching Mathematics and its Applications Vol. - No. -Internasional Bereputasi dan Berfaktor Dampak0000
ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS VIII DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BENTUK URAIAN BERDASARKAN TAKSONOMI SOLO (sebagai Penulis Kedua)Unnes Journal of Mathematics Education Vol. 5 No. 2Nasional Terindeks DOAJ2016
Analisis Kemampuan KOneksi Matematika siswa Kelas VII pada MOdel MEA ditinjau dari gaya kogniitfUnnes Journal of Mathematics Education Vol. 5 No. 3Nasional Terindeks DOAJ2016
Analisis kesalah siswa kelas VIII dalam menyelesaikan soal matematika bentuk uraian berdasarkan taksonomi SOLOUnnes Journal of Mathematics Education Vol. 5 No. 2Nasional Terindeks DOAJ2016
Penerapan RME dengan KOnteks Karakter dan Konservasi untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa dalam menyusun Proposal PenelitianKREANO Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol. 6 No. 2Nasional Terindeks DOAJ2015
Tingkat Berpikir Kreatif pada Geometri Siswa Kela VII Ditinjau dari Gaya Belajar dalam Setting PBLUnnes Journal of Mathematics Education Vol. 4 No. 2Nasional Terindeks DOAJ2015
Student’s Creative Thinking Skill and Belief in Mathematics in Setting Challenge Based Learning Viewed by Adversity QuotientUnnes Journal of Mathematics Education Research Vol. 7 No. 1Nasional Berbahasa PBB dan Terindeks DOAJ2018
Students’ Mathematical Literacy Based on Self-Efficacy By Discovery Learning With Higher Order Thinking Skills-OrientedUnnes Journal of Mathematics Education Research Vol. 7 No. 1Nasional Berbahasa PBB dan Terindeks DOAJ2018
Analisis Proses Berpikir Kreatif Siswa dalam Meneyelesaikan Masalah Terbuka Ditinjau dari Model Wallas pada Pembelajaran MOdel PBLUnnes Journal of Mathematics Education Vol. 6 No. 3Nasional Terindeks DOAJ2017
Mathematical Literacy Ability Reviewed from Cognitive Style of Students on Double Loop Problem Solving Model with RME ApproachUnnes Journal of Mathematics Education Research Vol. 8 No. 1Nasional Berbahasa PBB dan Terindeks DOAJ2019
The INNOMATTS : A Model of Mathematics Teacher Training ManagementJournal of Turkish Science Education Vol. 15 No. special isInternasional Bereputasi dan Berfaktor Dampak2018

KINERJA

Kegiatan Detail Kegiatan Tahun Pendukung