foto-Masrukan

Dr. Masrukan, M.Si.

Lektor Kepala (Wakil Dekan I) (FMIPA-Pendidikan Matematika)

MASRUKAN, lahir di Rembang, 19 April 1966 merupakan putra pertama dari tiga bersaudara dari pasangan Bapak Ngatmiran dan Ibu Maslikah. Menyelesaikan pendidikan di SD Pamotan III (1979), SMPN Pamotan (1981), SMAN Rembang (1984) dan IKIP Semarang Jurusan Pendidikan Matematika (1989). Magister Matematika dari ITB (1993) dan Doktor Penelitian dan Evaluasi Pendidikan dari Universitas Negeri Jakarta (2009). Pernah sebagai guru SMA di Semarang (1989-1990), dan sebagai dosen Universitas Negeri Semarang (UNNES) sejak 1991 sampai sekarang, serta konsultan pada Direktorat TK dan SD (Dit TK/SD), Ditjen Dikdasmen, Depdiknas Jakarta (2000-2004, dan 2008). Pernah menjabat Sekretaris(1998-1999) dan Ketua(1999-2000) Pusat Pengkajian dan Pengembangan Profesi Kependidikan (P4K) yang akhirnya menjadi LP3 UNNES. Beberapa penelitian dan karya ilmiah: (1)Out-door Mathematics, suatu alternatif pembelajaran Matematika (Juara I Nasional LKTI Pendidikan, 1989), (2)Buku Matematika Bernuansa Islam untuk MI dan MTs kelas 1-3 (Departemen Agama, 1997), (3)Pengembangan Penilaian Kelas Otentik di Sekolah Dasar (Kerjasama Dit TK/SD,2002) sebagai ketua tim, (4)Pengembangan Pembelajaran Matematika dengan Pemberdayaan Alat Peraga/MEQIP (Kerjasama Dit TK/SD,2003-2004) sebagai ketua tim, (5)Asesmen Berbasis Kelas: Kunci Sukses Implementasi KBK, dalam Principal Gathering Universitas Bina Nusantara Jakarta, 22 September 2006, (6)Reviewer buku kurikulum 2013 (th 2013-2016), (7)Asesmen Otentik (2014)



Berikut adalah portofolio saya selama di Universitas Negeri Semarang:

BUKU

Judul Penerbit Tahun ISBN
Matematika Bernuansa Islam untuk Madrasah Ibtidaiyah Kelas 1Departemen Agama1997
Matematika Bernuansa Islam untuk Madrasah Ibtidaiyah Kelas 4Departemen Agama1999
Matematika Bernuansa Islam untuk Madrasah Ibtidaiyah Kelas 6Departemen Agama1999
Matematika Bernuansa Islam untuk Madrasah Tsanawiyah Kelas 1Departemen Agama2000

PUBLIKASI

Judul Nama Jurnal Standar Jurnal Tahun
Konstruksi Bilangan RealMedia Pendidikan MIPANasional Belum Terakreditasi1994
Virus Komputer dan Cara PenanganannyaMedia Pendidikan MIPANasional Belum Terakreditasi1995
Strategi Pembelajaran Matematika berwawasan Lingkungan, Studi kasus di Karimunjawa, JeparaMedia Pendidikan MIPANasional Belum Terakreditasi1996
Matematika dan Alat PeragaFasilitatorNasional Belum Terakreditasi2004
ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII DENGAN PEMBELAJARAN MODEL 4K DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWAUnnes Journal of Mathematics Education Vol. 5 No. 1Nasional Terindeks DOAJ2016
Kemampuan Pemecahan Masalah dan Karakter Mandiri Siswa Kelas VII Ditinjau dari Gaya Kognitif pada Pembelajaran Model 4KUNNES Journal of Mathematics Education Vol. 6 No. 1Nasional Terindeks DOAJ2017
Studi Kinerja Mahasiswa Dalam Menganalisis Materi Pada Pembelajaran Kooperatif Resiprokal KREANO Vol. 7 No. 1Nasional Terindeks DOAJ2016
Penerapan Realistic Mathematics Education (RME) dengan Konteks Karakter dan Konservasi untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa dalam Menyusun Proposal PenelitianKreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol. 6 No. Vol 6, NoNasional Terindeks DOAJ2015
Pengembangan Kurikulum Pembelajaran Matematika SMA Terintegrasi Pendidikan Karakter dengan Asesmen Proyek Secara Berjenjang dengan Sistem SpiralUNNES Journal of Mathematics Education Vol. 6 No. 2Nasional Terindeks DOAJ2017
KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VII PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL KNISLEY BERDASARKAN SELF EFFICACY UNNES Journal of Mathematics Education Vol. 5 No. 3Nasional Terindeks DOAJ2017
Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII Menggunakan Problem Based Learning Bertema dengan Strategi Scaffolding pada Materi SegiempatUNNES Journal of Mathematics Education Vol. 6 No. 2Nasional Terindeks DOAJ2017
ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SOAL SETIPE TIMSS BERDASARKAN GAYA KOGNITIF SISWA PADA PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM BASED LEARNINGUnnes Journal of Mathematics Education Research Vol. Vol 4 No 1 No. Vol 4 No 1Nasional Terindeks DOAJ2015
Mathematical Communication Ability by Grade VII Students Using a Themed Problem Based Learning with Scaffolding on Rectangle MaterialsUnnes Journal of Mathematics Education Vol. 6 No. 2Nasional Terindeks DOAJ2017
Penggunaan Alat Peraga untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keaktifan Siswa Mata Diklat Matematika Materi Peluang Di Kelas X AP B Semester 2 SMK N 1 BawenKreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol. 7 No. 1Nasional Terindeks DOAJ2016
STRATEGI DAN PROSES BERPIKIR DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH BERDASARKAN TINGKAT KECEMASAN MATEMATIKAUnnes Journal of Mathematics Education Research Vol. 4 No. 2Nasional Terindeks DOAJ2016
Penerapan RME dengan KOnteks Karakter dan Konservasi untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa dalam menyusun Proposal PenelitianKREANO Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol. 6 No. 2Nasional Terindeks DOAJ2015
ANALYSIS OF MATHEMATICAL COMMUNICATION ABILITY THROUGH 4K MODEL BASED ON 7th GRADERS’ PERSONALITY TYPESInternational Journal of Education and Research Vol. 3 No. 7Internasional2015
The Analysis of Mathematical Literacy Skill and Respect to Local Culture toward Pogil Learning with EthnomathematicsUnnes Journal of Mathematics Education Research Vol. 7 No. 2Nasional Berbahasa PBB dan Terindeks DOAJ2018
Analysis of Mathematical Connection Ability Based on Student Characteristics Thinking on Discovery Learning Scientific Approach Unnes Journal of Mathematics Education Research Vol. 7 No. 1Nasional Berbahasa PBB dan Terindeks DOAJ2018
Analysis of Mathematical Connection Ability in Geometry at MEA Learning Based on Spatial IntelligenceUnnes Journal of Mathematics Education Research Vol. 7 No. 1Nasional Berbahasa PBB dan Terindeks DOAJ2018
Evaluation Program of Inclusive Education In College (Study at Brawijaya University Malang and State Islamic University of Sunan Kalijaga Yogyakarta) Journal of Educational Research and Evaluation Vol. 7 No. 2Nasional Berbahasa PBB dan Terindeks DOAJ2018
The Role of Self Regulation in Moderating The Environmental Influences to The Learning OutcomeJournal of Primary Education Vol. 7 No. 1Nasional Berbahasa PBB dan Terindeks DOAJ2018
Kemampuan Koneksi Matematis Mahasiswa Calon Guru pada Brain-Based Learning Berbantuan WebKREANO Vol. 9 No. 2Nasional Terindeks DOAJ2018
THE EFFECT OF COLLABORATIVE ASSESSMENT IMPLEMENTATION IN COOPERATIVE LEARNING TO IMPROVE THE STUDENTS’ MATHEMATICAL DISPOSITION AND SELF REGULATED LEARNINGInternational Journal of Advance Research and Innovative Ideas in Education (IJARIIE) Vol. 2 No. 3Berbahasa PBB tapi tidak Memenuhi Standar Jurnal Internasion2016
The analysis of student’s critical thinking ability on discovery learning by using hand on activity based on the curiosityJournal of Physics Vol. 983 No. 1Internasional Bereputasi dan Berfaktor Dampak2018
Development of Pneumonia Risk Early Detection Instruments in Puskesmas Area, Semarang City Journal of Educational Research and Evaluation Vol. 7 No. 2Nasional Berbahasa PBB dan Terindeks DOAJ2018
The ability of mathematical creative thinking viewed from student learning interest of class VIII in learning CPS contextual approachUJME Vol. 8 No. 1Nasional Berbahasa PBB dan Terindeks DOAJ2019
Ethnomathematics Contain In Problem Based Learning to Improve Students Understanding about Geometry by Using Concept Of Cultural Buildings in SemarangJPE Vol. 7 No. 2Nasional Berbahasa PBB dan Terindeks DOAJ2019
Analysis of Problem Solving Ability Based on Field Dependent Cognitive Style in Discovery Learning Models Journal of Primary Education Vol. 8 No. 2Nasional Berbahasa PBB dan Terindeks DOAJ2019
Mathematics Literacy based on Visual-Spatial Intelligence 7th Grade Students on Discovery Learning with Performance Assessment Unnes Joumal of Mathematics Education Research Vol. 8 No. 1Nasional Berbahasa PBB dan Terindeks DOAJ2019

KINERJA

Kegiatan Detail Kegiatan Tahun Pendukung