foto-Endang Susilaningsih

Dr. Endang Susilaningsih, M.S.

Lektor Kepala (FMIPA-Pendidikan Kimia)

Halo, nama saya Endang Susilaningsih, lahir di Bantul. Saya adalah Dosen PNS di Universitas Negeri Semarang. Saat ini saya Tidak sedang studi lanjut. Saya bergabung di Universitas Negeri Semarang sebagai Dosen PNS sejak 01 Desember 1994. Pendidikan terakhir yang saya tempuh adalah pada jenjang Strata 3 (S3) - ( Lulus 31 Januari 2012 ), dan lulus pada 31 Januari 2012.
Sebagai seorang Dosen PNS dengan jabatan Lektor Kepala, saya mengampu mata kuliah pokok Evaluasi dan Supervisi; Asesmen Pendidikan Dasar; Pengembangan Instrumen Penelitian; Pengukuran dan Evaluasi; Metodologi Penelitian Pendidikan IPA; Metodologi Penelitian Pendidikan Kimia; dan Praktikum Kimia Analitik Dasar. . Kunjungi profil google scholar saya melalui link berikut sxSuIMgAAAAJ Atau jika membutuhlan beberapa pertanyaan, silahkan hubungi saya melalui email [email protected]. Juga merupakan suatu kebanggan, jika kita dapat berteman melalui jejaring sosial facebook, klik Facebook Endang Susilaningsih




Berikut adalah portofolio saya selama di Universitas Negeri Semarang:

BUKU

Judul Penerbit Tahun ISBN

PUBLIKASI

Judul Nama Jurnal Standar Jurnal Tahun
Efektivitas Pendekatan Problem Posing dengan Media Papan Hooks terhadap hasil belajar Kimia Kelas X Semester 2 tahun pelajaran 2005/2006 pokok materi HidrokarbonJURNAL INOVASI PENDIDIKAN KIMIANasional Belum Terakreditasi2007
Implementation of Problem-Based Learning with Green Chemistry Vision to Improve Creative Thinking Skill and Students’ Creative ActionsJurnal Pendidikan IPA Indonesia Vol. 6 No. 2Internasional Bereputasi2017
Penulis Ketiga artikel : Pengembangan Instrumen Performance Asssessment Praktikum Kimia Dengan Estimasi Reliabilitasnya Menggunakan Program GENOVA Oleh Siti Nur Suwaibah, Endang Susilaningsih, SUDARMINChemistry in Education Vol. 5(1) 2-16 No. 5Nasional Terindeks DOAJ2016
ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP DAN KARAKTER PEMBELAJARAN INQUIRY BERBASIS MULTI REPRESENTASIJurnal Inovasi Pendidikan Kimia Vol. - No. -Nasional Terindeks DOAJ2017
DESAIN MEDIA PETA KONSEP MULTI REPRESENTASI PADA MATERI BUFFER DAN HIDROLISIS Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia Vol. - No. -Nasional Terindeks DOAJ2017
PENGEMBANGAN TES DIAGNOSTIK TWO-TIER MULTIPLE CHOICE UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA KELAS XIChemistry in Education Vol. - No. -Nasional Terindeks DOAJ2017
Basic Science Process Skill Analysis of Block System Chemical Practicum Measured with Performance Assessment InstrumentsJournal of Education and Learning (EduLearn) Vol. - No. -Internasional2017
VALIDITAS CHEMISTRY HANDOUT SEBAGAI INOVASI BAHAN AJAR STOIKIOMETRI BERSTRATEGI PBS BERVISI SETSJIPK Vol. 5 No. 1Nasional Terindeks DOAJ2016
PENGEMBANGAN INSTRUMEN PERFORMANCE ASSESSMENT PRAKTIKUM KIMIA DENGAN ESTIMASI RELIABILITASNYA MENGGUNAKAN PROGRAM GENOVA Chemistry in Education Vol. 5 No. 1Nasional Terindeks DOAJ2016
KAJIAN ADSORPSI LINEAR ALKILBENZENA SULFONAT (LAS) MENGGUNAKAN MAGNETITIndonesian Journal of Chemical Science Vol. 5 No. 1Nasional Terindeks DOAJ2016
ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP HIDROLISIS-BUFFER MENGGUNAKAN TES DIAGNOSTIK TWO-TIER MULTIPLE CHOICEJurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Vol. - No. -Nasional Terakreditasi0000
Pengembangan Instrumen Penilaian Kognitif Untuk Mengukur Literasi Membaca Bahasa Indonesia Berbasis Model PIRLS pada Siswa Kelas IV SDJournal Of Educational Research and Evaluation Vol. 6 No. 1Nasional Belum Terakreditasi2017
INOVASI MODEL PENILAIAN PROSES PADA PEMBELAJARAN KIMIA UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN LABORATORIUM DAN AKTIVITAS SISWA Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia Vol. 11 No. 2Nasional Terindeks DOAJ2017
Efisiensi Penurunan Kadar Logam Berat (Cr dan Ni) dalam Limbah Elektroplating secara Elektrokoagulasi Menggunakan Elektroda Aluminium Indonesian Journal of Chemical Science Vol. 7 No. 1Nasional Terindeks DOAJ2018
Construct Validity and Reliability of Attitude towards Chemistry of Science Teacher CandidatesInternational Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE) Vol. 7 No. 1Internasional Bereputasi2018
KEEFEKTIFAN SELF AND PEER ASSESSMENT PADA PRAKTIKUM KIMIA TERHADAP AKTIVITAS MAHASISWA Chemistry in Education Vol. 7 No. 1Nasional Terindeks DOAJ2018
PROBLEM BASED LEARNING ON ENVIRONMENTAL CHEMISTRY WITH ARTICLE PRODUCTS TO IMPROVE STUDENT KNOWLEDGEJournal of Engineering Science and Technology Vol. 13 No. Special IsInternasional2018
Identification of Students Basic Science Process Skills Assisted of Practical Worksheet based on Multiple RepresentationsJournal of Innovation Science Education Vol. 7 No. 1Nasional Berbahasa PBB dan Terindeks DOAJ2018
Analysis of Misconception on Solubility and Solubility Product Constant (Ksp) Using Three -Tier Multiple Choice TestJournal of Innovative Science Education Vol. 7 No. 1Nasional Berbahasa PBB dan Terindeks DOAJ2018
Identification oc Misconception on Buffer Material Using Three-Tier Test in the Learning of Multiple RepresentationJournal of Innovation Science Education Vol. 7 No. 1Nasional Berbahasa PBB dan Terindeks DOAJ2018
Design of Microscopic Book and Improving of Students Learning Outcomes for Remidial Program in Class XI for Buffer SolutionJournal of Innovation Science Education Vol. 7 No. 2Nasional Berbahasa PBB dan Terindeks DOAJ2018
Instrument Design Diagnostic Test Three Tier Multiple Choice Redox Material With Redox Diagnostic Test Software (RDT)Journal of Innovation Science Education Vol. 7 No. 2Nasional Berbahasa PBB dan Terindeks DOAJ2018
Developmentof Inquiry-Base Chemistry Laboratory Sheet Oriented to Green Chemistry f0r Improving the Science Process SkillsJournal of Innovation Science Education Vol. 7 No. 1Nasional Berbahasa PBB dan Terindeks DOAJ2018
The effectiveness of Enrichment Test Instruments Design to Measure Students' Creative Thinking Skills and Problem SolvingThinking Skills and Creativity Vol. No. Internasional Bereputasi dan Berfaktor Dampak2018
Guided Inquiry-Based Questions Integrated Practice worksheets Design to Improve Laboratory Skills and KnowledgeJournal of Innovation Science Education Vol. 6 No. 2Nasional Berbahasa PBB dan Terindeks DOAJ2017
Pemahaman Konsep Siswa Materi Larutan Penyangga dalam Pembelajaran Multiple representasiJurnal Inovasi Pendidikan Kimia Vol. 12 No. 2Nasional Terindeks DOAJ2018
DESAIN MATERI AJAR HIDROLISIS TERINTEGRASI PRAKTIKUM DAN PENILAIANNYA UNTUK MENGUKUR HASIL BELAJAR SISWA Chemistry in Education Vol. 7 No. 1Nasional Terindeks DOAJ2018
PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN UNJUK KERJA PADA PRESENTASI TUGAS DENGAN TEKNIK PEER ASSESSMENTChemistry in Education Vol. 6 No. 2Nasional Terakreditasi2017
INOVASI BAHAN AJAR REDOKS DENGAN PENDEKATAN MULTIREPRESENTASI DAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNINGChemistry in Education Vol. 7 No. 1Nasional Terakreditasi2018
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PRAKTIKUM SISWA TERINTEGRASI GUIDED INQUIRY UNTUK ANALISIS KETERAMPILAN LABORATORIUMChemistry in Education Vol. 7 No. 1Nasional Terindeks DOAJ2018
Problem Based Learning (PBL) Model to Enhancement The Critical Thinking Ability and Confidence of StudentsJournal of Primary Education Vol. 7 No. 3Nasional Berbahasa PBB dan Terindeks DOAJ2018
Requirement Analysis of Project-based Thematic Teaching Material Design as An Effort of Character Education ReinforcementJournal of Primary Education Vol. 8 No. 3Nasional Berbahasa PBB dan Terindeks DOAJ2019
A Misconception Analysis of Buffer Material using Three Tier Multiple Choice Test assisted by CBT for SMAN 9 SemarangJournal of Innovative Science Education Vol. 8 No. 2Nasional Berbahasa PBB dan Terindeks DOAJ2019
Instrument Design to Measure the Critical Thinking Skill of Students that Participate in Chemistry National Science OlympiadJournal of Innovative Science Education Vol. 8 No. 2Nasional Berbahasa PBB dan Terindeks DOAJ2019
Pemanfaatan Aplikasi Google dalam Pembelajaran KolaboratifREKAYASA Jurnal Penerapan Teknologi dan Pembelajaran Vol. Vol 17 No. No 1Nasional Belum Terakreditasi2019
Development of Test Instrument TIMSS Model to Measure Mathematical Ability VIII Grade Students Journal of Educational Research and Evaluation Vol. 8 No. 1Nasional Berbahasa PBB dan Terindeks DOAJ2019
THE ANALYSIS OF CONCEPT MASTERY USING REDOX TEACHING MATERIALS WITH MULTIPLE REPRESENTATION AND CONTEXTUAL TEACHING LEARNING APPROACHJurnal Pendidikan IPA Indonesia Vol. 8 No. 4Internasional Bereputasi2019

KINERJA

Kegiatan Detail Kegiatan Tahun Pendukung