foto-Saiful Ridlo

Dr. Saiful Ridlo, M. Si.

Lektor Kepala (Kepala Pusat Pengembangan Kurikulum Dan Inovasi Pembelajaran, MKU Dan MKDK) (FMIPA-Pendidikan Biologi)

Lulus dari Jurusan Pendidikan Biologi S1 IKIP Semarang tahun 1990 dan diangkat menjadi PNS dosen di almamaternya tahun 1991. S2 dari Biologi UGM tahun 1997 dan S3 dari PEP UNY tahun 2011. Interes pada bidang pengukuran dan penilaian pembelajaran dan evaluasi program pendidikan, bidang anatomi tumbuhan, dan kurikulum baik pendidikan tinggi maupun menengah dan dasar. Saat ini mengampu berbagai matakuliah terkait bidang interes di Prodi S1 Pendidikan Biologi, dan S2 dan S3 Prodi Pendidikan IPA, PEP, dan Dikdas Pascasarjana UNNES.



Berikut adalah portofolio saya selama di Universitas Negeri Semarang:

BUKU

Judul Penerbit Tahun ISBN
Keterampilan Teknologi Budidaya Sekolah Menengah Pertama Kelas VIIIDepdiknas2008
Survei Nasional TIMSS-2006 Provinsi Kalimantan SelatanPenebit Puspendik-Balitbang Depdiknas2007
Survei Nasional TIMSS-2006 Provinsi Kalimantan TimurPenerbit Puspendik-Balitbang Depdiknas2007
Survei Nasional TIMSS-2006 Provinsi Jawa TengahPenerbit Puspendik-Balitbang Depdiknas2007

PUBLIKASI

Judul Nama Jurnal Standar Jurnal Tahun
Kompos Organik dengan Perombak Agrisimba dan Pengaruhnya Terhadap Perakaran Kacang Tanah (Arachis hypogaea L)Berkala Penelitian Hayati (Journal pf Biological Researches)Nasional Terakreditasi2004
The Correlation Between Metacognition Level with Self Efficacy of Biology Education College StudentsJournal of Physics Vol. 842 No. 012067Internasional Bereputasi2017
Pengaruh Model Pembelajaran Discovery learning dengan Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sel di SMAUNNES Science Education Journal Vol. 5 No. 0Nasional Terindeks DOAJ2016
Meta-analysis of Jelajah Alam Sekitar Approach: Implementation in Learning ProcessIndonesian Journal of Science Education Vol. 6 No. 1Internasional Bereputasi dan Berfaktor Dampak2017
Profil Kemampuan Pedagogical Content Knowledge (PCK) Calon Guru Biologi Jurnal Lembaran Ilmu Kependidikan (LIK) Vol. 46 No. 2Nasional Belum Terakreditasi2017
Meta-analysis of Jelajah Alam Sekitar (JAS) Approach Implementation in Learning ProccesJurnal Pendidikan IPA Indonesia - Indonesian Journal of Science Education Vol. 6 No. 1Internasional Bereputasi2017
Profil Kompetensi Sains Siswa dalam Pembelajaran Literasi Sains Berpendekatan Inkuiri SaintifikPancasakti Science Education Journal Vol. 3 No. 1Nasional Belum Terakreditasi2018
Development of Instrument Self-Concept Assessmen Student on Learning Mathematics in Junior High School Journal of Educational Research and Evaluation Vol. 7 No. 1Nasional Berbahasa PBB dan Terindeks DOAJ2018
Development of Instruments Reading Ability Short Functional Text for Eight Junior High SchoolJournal of Educational Research and Evaluation Vol. 7 No. 1Nasional Berbahasa PBB dan Terindeks DOAJ2018
Analysis of 21st Century Skills of Student on Implementation Project Based Learning and Problem Posing Models in Science LearningJournal of Primary Education Vol. 9 No. 1Nasional Berbahasa PBB dan Terindeks DOAJ2019
Pengaruh Berbagai Konsentrasi dan Lama Cekaman Aluminium terhadap Pertumbuhan Akar Kemampuan Root re-growth Stek Batang Hydrangea macrophylla pada Kultur CairLife Science Journal of Biology Vol. 8 No. 1Nasional Terindeks DOAJ2019
Effectiveness of Environmental Change Learning Tools Based on STEM-PjBL Towards 4C Skills of Students Journal of Innovative Science Education Vol. 8 No. 3Nasional Terindeks DOAJ2019
The Analytical Thinking Skill of Grade XI Students of SMA Negeri 15 SemarangJournal of Biology Education Vol. 8 No. 1Nasional Berbahasa PBB dan Terindeks DOAJ2019
The Development of Authentic Assessment Instrument of Hajj Manasik Practices of IX Grade of SMP PGRI 10 Candi in Sidoarjo RegencyJournal of Educational Research and Evaluation Vol. 8 No. 1Nasional Berbahasa PBB dan Terindeks DOAJ2019
A path analysis of the relation between study habit and students’ academic achievementJPBI (JURNAL PENDIDIKAN BIOLOGI INDONESIA) Vol. 5 No. 2Nasional Terakreditasi2019
Mathematical Reasoning Ability on PACE Learning Model assisted by IspringUnnes Journal of Mathematics Education Research Vol. 9 No. 1Nasional Berbahasa PBB dan Terindeks DOAJ2019

KINERJA

Kegiatan Detail Kegiatan Tahun Pendukung
Penunjang Tridarma Perguruan Tinggi menjadi anggota Perkumpulan Pendidik IPA Indonesia (PPII) sampai dengan 19 April 2020 2016 File
Penunjang Tridarma Perguruan Tinggi Workshop Tata Cara Penggunaan Program Anti Plagiarism 2016 File
Penunjang Tridarma Perguruan Tinggi Anggota Himpunan Evaluasi Pendidikan Indonesia (HEPI) 2014 File
Penunjang Tridarma Perguruan Tinggi Kepala Program Studi Pendidikan Biologi FMIPA Unnes 2014 File
Penunjang Tridarma Perguruan Tinggi Nama Seminar: International Conference on Research Implementation and Education of Mathematics and Sciences 2014 (ICRIEMS 2014) Standar: Internasional, Tanggal: 20 Mei 2014 Peran: Peserta 2014 File
Penunjang Tridarma Perguruan Tinggi Narasumber dalam acara Workshop Implementasi Kurikulum Unnes tahun 2012 2014 File