foto-Kartono

Prof.Dr. Kartono, M.Si.

Profesor (Ketua Program Studi S2) (FMIPA-Pendidikan Matematika)

Lahir pada tanggal 22 Februari 1956 di Desa Mangunrejo Kemamatan Pulokulon Kabupaten Grobogan. Beliau menamatkan SD sampai SMA di Kabupaten Grobogan. Menyelesaikan sarjana Jurusan Pendidikan Matematika di IKIP Semarang tahun 1980, magister Juruasn Matematika di ITB Bandung tahun 1993, dan doktor Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan tahun 2008. Karier beliau diawali dari guru matematika SMA PPSP IKIP Semarang tahun 1980-1985. Sejak tahun 1985 hingga sekarang menjadi dosen Jurusan Matematika FMIPA UNNES. Jabatan fungsional profesor ditetapkan pada tanggal 10 September 2013, dengan bidang kepakaran Evaluasi Pendidikan Matematika. Karya-karya beliau dalam penelitian sesuai dengan kepakarannya yakni tentang asesmen pembelajaran matematika. Kegiatan penelitian yang kini sedang dilakukan adalah tentang asesmen diagnostik kemampuan berpikir tingkat tinggi pada pembelajaran matematika.



Berikut adalah portofolio saya selama di Universitas Negeri Semarang:

BUKU

Judul Penerbit Tahun ISBN
Diktat Kalkulus 22005
Mengembangkan bahan ajar berupa diktat dengan judul: “Analisis Kompleks” tercatat pada Perpustaan Jurusan dengan no.-2011-
Menulis bahan ajar berupa diktat dengan degan judul “Pengembangan Asesmen Pembelajaran Matematika” Surat Tugas Rektor No. 6997A/H37/TU/2009, tanggal 2 November 2009.Surat Kaperpus Jurusan No.-2010-

PUBLIKASI

Judul Nama Jurnal Standar Jurnal Tahun
Penyetaraan tes model campuran butir dikotomus dan politomus pada tes prestasi belajarPenelitian dan Evaluasi PendidikanNasional Terakreditasi2008
Hands on activity pada pembelajaran geometri sekolah sebagai asesmen kinerja siswaKreano Jurnal matematika Kreatif-InovatifNasional Belum Terakreditasi2010
Keefektifan Pembelajaran SAVI pada Pencapaian Kemampuan Komunikasi dan Disposisi Matematis Siswa Kelas VIIIUnnes Journal of Mathematics Education Vol. 6 No. 1Nasional Terindeks DOAJ2017
MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAHUnnes Journal of Mathematics Education Research Vol. 4 No. 1Nasional Terindeks DOAJ2015
The Effectiveness of SAVI Learning in Achieving Communication Ability and Mathematical Disposition for Eighth Grader UJME Vol. 6 No. 1Nasional Terindeks DOAJ2017
PBL BERNUANSA ADIWIYATA DENGAN BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN (sebagai Penulis Ketiga)Unnes Journal of Mathematics Education Research Vol. 4 No. 2Nasional Terindeks DOAJ2015
Self-assessment on the achievement of the ability of mathematical proportional application in Meaningful Instructional Design (MID) learning viewed from student’s learning styleUnnes Journal of Mathematics Education Vol. 7 No. 2Nasional Berbahasa PBB dan Terindeks DOAJ2018
The Analysis of Mathematical Literacy Skill and Respect to Local Culture toward Pogil Learning with EthnomathematicsUnnes Journal of Mathematics Education Research Vol. 7 No. 2Nasional Berbahasa PBB dan Terindeks DOAJ2018
Analysis of Mathematical Connection Ability Based on Student Characteristics Thinking on Discovery Learning Scientific Approach Unnes Journal of Mathematics Education Research Vol. 7 No. 1Nasional Berbahasa PBB dan Terindeks DOAJ2018
THE EFFECT OF COLLABORATIVE ASSESSMENT IMPLEMENTATION IN COOPERATIVE LEARNING TO IMPROVE THE STUDENTS’ MATHEMATICAL DISPOSITION AND SELF REGULATED LEARNINGInternational Journal of Advance Research and Innovative Ideas in Education (IJARIIE) Vol. 2 No. 3Berbahasa PBB tapi tidak Memenuhi Standar Jurnal Internasion2016
Development of Assessment Instruments Mathematic Creative Thinking Ability on Junior High School StudentsJournal of Research and Educational Research Evaluation Vol. 8 No. 1Nasional Berbahasa PBB dan Terindeks DOAJ2019
Mathematical Literacy Ability and Mathematical Disposition on Team Assisted Individualization Learning with RME Approach and RecitationUnnes Journal of Mathematics Education Research Vol. 8 No. 2Nasional Berbahasa PBB dan Terindeks DOAJ2019
Problem Solving Ability of Class VIII Students Viewed from Cognitive Style in Attention Relevance Confidence Satisfaction Model Assisted by Problem Cards Unnes Journal of Mathematics Education Research Vol. 8 No. 2Nasional Berbahasa PBB dan Terindeks DOAJ2019
Students’ Mathematical Literacy Ability in Learning Using Rally Coach-Schoology Model with Diagnostic AssessmentUnnes Journal of Mathematics Education Research Vol. 8 No. 2Nasional Berbahasa PBB dan Terindeks DOAJ2019
Conceptual Understanding of Class V Students Judging from Curiosity on Learning Models Group Investigation with Hands on Activity Assisted by Teaching AidsUnnes Journal of Mathematics Education Research Vol. 8 No. 2Nasional Berbahasa PBB dan Terindeks DOAJ2019
Students’ Mathematical Connection Ability and Self Regulated Learning on MiC Learning with Recitation and Peer Assessment Based on Semarang Culture Unnes Journal of Mathematics Education Research Vol. 8 No. 2Nasional Berbahasa PBB dan Terindeks DOAJ2019
Development of Test Instrument TIMSS Model to Measure Mathematical Ability VIII Grade Students Journal of Educational Research and Evaluation Vol. 8 No. 1Nasional Berbahasa PBB dan Terindeks DOAJ2019
A Practicallity Analysis Of Collaborative Assessment Model Based On Ethnomathematics Ratri Rahayu1*, Himmatul Ulya1, Kartono2, Isnarto2 Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems Vol. 11 No. 2Internasional Bereputasi2019

KINERJA

Kegiatan Detail Kegiatan Tahun Pendukung